Cerita Prasmul

Mau tahu cara untuk jago Liat Peluang Usaha?

Business Ideas

Oleh M Setiawan Kusmulyono

Dosen S1 Bisnis Universitas Prasetiya Mulya

 

m setiawan kusmulyono

Kemampuan kita untuk melihat peluang bisnis merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan kita dalam mengembangkan usaha. Kemampuan ini sering dianggap orang sebagai sesuatu yang sifatnya mukjizat, atau hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Apakah itu benar? Benar-benar salah menurut pendapat saya.

Peluang usaha itu sebenarnya adalah situasi dimana kita menciptakan suatu ide yang memiliki potensi menguntungkan. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa peluang adalah kondisi dimana kita dapat memperkenalkan suatu produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi dari biaya untuk memproduksinya.

Namun, yang paling penting bukanlah apa itu definisi peluang usaha. Hal yang paling penting adalah bagaimana kita dapat menciptakan atau menemukan peluang usaha tersebut. Betul? …

 

Pertanyaan berikutnya tentu adalah keterampilan apa yang dapat membuat kita seperti para pebisnis-pebisnis top yang mampu melihat potensi-potensi rupiah di pasar? Apakah harus ikut training dulu? Pelatihan atau seminar dulu? Atau harus drop out dulu dari sekolah?

 

“Tenang saja”.

“Tidak perlu galau”.

 

Hal yang dilakukan cukup sederhana kok untuk dapat memiliki “mukjizat” melihat atau membuat peluang usaha. Berdasarkan penelitian yang saya lakukan sendiri (Kusmulyono, 2016), faktor kepekaan atau sensitivitas ternyata lebih dominan dalam meningkatkan kemampuan kita untuk tahu ada peluang usaha atau tidak, jika dibandingkan faktor keterampilan (skill).

 

Kepekaan disini memiliki arti bahwa seseorang memiliki persepsi dan interpretasi yang terasah untuk selalu memerhatikan lingkungan. Persepsi dan interpretasi ini yang kemudian akan menuntun kita untuk menyadari bahwa ada sesuatu celah di pasar yang kemudian dapat kita manfaatkan.

 

Untuk memiliki kemampuan ini pun sangat sederhana. Tidak perlu kita harus lelah-lelah belajar atau menghapalkan rumus-rumus rumit. Kunci memiliki kepekaan yang tinggi sangat mudah. Rajinlah membaca majalah, menonton berita, membaca artikel yang berkaitan dengan bisnis, dan jangan lupa untuk rajin mengobrol dengan banyak orang. Aktivitas-aktivitas ini akan membantu saraf kita lebih peka untuk segera menggabungkan informasi dan menjadikannya sebuah peluang usaha baru. Selamat mencoba. Salam wirausaha…

 

 

1 comment

  • Terimakasih informasinya, sangat membantu dan membangkitkan gairah untuh berbisnis. Saya tunggu artikel tentang bisnis atau usaha. Semoga kita semua meraih sukses. Salam Hormat.

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »