Cerita Prasmul

Apakah Meneliti itu Penting Buat Menjalankan Bisnis?

Artikel oleh M Setiawan Kusmulyono (Kelly)

Dosen School of Business Universitas Prasetiya Mulya

 m setiawan kusmulyono

 

Seringkali muncul pertanyaan, kalau kita ingin menjalankan bisnis, apakah kita perlu melakukan penelitian? Sebagian rekan-rekan yang sudah menjalankan bisnis, merasa bahwa melakukan penelitian itu akan buang-buang waktu. Selain manfaat yang diperoleh tidak dapat dirasakan secara langsung, meneliti itu juga dianggap banyak menelan biaya.

Namun, bagi teman-teman Prasmulyan, pemikiran bahwa penelitian itu tidak penting harus dibuang jauh-jauh. Penelitian itu merupakan salah satu elemen dasar penentu suksesnya sebuah bisnis. Hal inilah yang membedakan lulusan Prasmulyan dengan pebisnis yang tidak menempuh jalur pendidikan.

Namun, apa sebenarnya peran penelitian itu dalam bisnis?

Pertama, dengan melakukan penelitian, kita menjadi tahu apa sebenarnya gap yang terjadi di pasar. Gap inilah yang dapat menjadi sumber peluang bagi kita untuk diolah menjadi ide bisnis yang brilian.

Kedua. Penelitian akan membantu kita mengetahui apakah produk yang sedang kita kembangkan disukai pasar atau tidak. Kegiatan ini dapat disebut sebagai kegiatan ujicoba. Melalui ujicoba ini, kita dapat mengetahui apakah atribut produk kita sudah sesuai dengan keinginan konsumen.

Ketiga. Penelitian akan membantu kita untuk mengevaluasi kinerja produk kita di pasar. Dengan mengetahui perkembangan produk, kita dapat melakukan perbaikan jika ada umpan balik konsumen.

Ketiga manfaat ini dapat diperoleh hanya dengan melakukan kegiatan penelitian sederhana. Intinya, bagi sebuah bisnis, baik itu usaha besar atau masih dalam rintisan, melakukan penelitian itu penting, agar strategi kita dapat tepat sasaran dan membuat kinerja bisnis menjadi lebih gemilang. Semangat berwirausaha!

 

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »