Cerita Prasmul

SpineWoods – Bisnis Furniture di usia muda..why not? I Prasmulyan’s business of the week

IMG_1745

Keempat mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya ini berani memulai bisnis furniture di usia belia. Tidak hanya furniture biasa, furniture mereka juga unik karena berupa kursi multifungsi dan memiliki tema pop-art yang  tentunya ‘berjiwa muda’. Bagaimana ya ceritanya sampai mereka memilih bisnis furniture?

Timothy Jordy, salah satu founder dari Spine Woods menceritakan kisahnya pada admin ceritaprasmul:

“Awal mula memiliki ide berbisnis furniture ini adalah karena tugas Business Creation dari Universitas Prasetiya Mulya, yang mengharuskan setiap kelompok untuk membentuk sebuah produk yang memiliki brand sendiri.

Setelah melihat peluang bisnis yang agak jarang di kalangan anak muda dan tidak mau bisnis Food & Beverages karena tim kami laki-laki semua akhirnya kami menemukan sebuah ide bisnis yaitu bisnis di dunia Furniture. Kebetulan juga salah satu anggota kami keluarga nya berkecimpung di dunia Furniture ini, karena adanya peluang bisnis yang baik dan resources yang tepat maka langsung kami memilih ide bisnis ini.

Langkah selanjutnya adalah menentukan design dari Furniture itu sendiri, sempat kami sulit menentukan apakah ingin membuat kursi atau meja. Lalu karena juga ingin membuat produk yang beda dari yang lain kami menentukan untuk membuat produk kursi multifungsi yang bisa dijadikan meja juga. Jadilah produk SpineWoods seperti yang sudah ada sekarang ini.

Nama SpineWoods sendiri terdiri dari 2 kata yaitu Spine yang berarti tulang punggung dan Woods berarti kayu, nama SpineWoods memiliki makna kursi yang nyaman untuk tulang punggung terbuat dari kayu” ujarnya.

Jadi, apa sih keunggulan SpineWoods? 

Keunggulan utama dari SpineWoods adalah design nya yang berbeda dari kebanyakan furniture di jaman modern ini. Kami juga mengikuti tren pop art yang sedang tren di pameran furniture Eropa, bisa dilihat kursi SpineWoods ada gambar apapun yang bisa dipesan sesuai selera customer. Selain dari segi design juga fungsi nya yang bisa dijadikan kursi dan meja bersamaan. Kami juga mendukung produk lokal asli Indonesia, terbuat dari kayu di Indonesia yaitu kayu Durian. Kursi ini cocok untuk diletakan di rumah semi-outdoor maupun indoor, cocok juga diletakan di cafe-cafe.

Harga yang kami tetapkan untuk kursi SpineWoods adalah Rp3.600.000,00 / unit.

Sejauh ini, gimana respon pasar?

Pelanggan yang sudah menggunakan SpineWoods sejauh ini menikmati kursi kami, kebanyakan dari mereka meletakan di rumah, ada yang di taman, living room, ada juga yang diletakan di cafe untuk menarik konsumen.
Belum juga ada complain maupun adanya laporan produk cacat, kursi masih prima seperti baru beli.

image

 

Jadi apa sih tantangan dari bisnis furniture ini?

Tantangan utama dari bisnis ini adalah di bidang marketing, yaitu mencari customer yang tepat. Menjual furniture adalah sesuatu yang cukup sulit karena customer nya pasti memikirkan barang yang dibeli sesuai dengan selera nya, konsep rumahnya, ukurannya, warna nya, design nya, fungsi nya, harga nya, banyak sekali pertimbangannya. Karena sekali membeli tentu akan digunakan untuk beberapa tahun ke depan. Apalagi sebagai anak mahasiswa tentu teman-temannya belum memikirkan untuk membeli furniture bukan? Maka itu adanya keterbatasan lingkungan juga.
Sekarang ini SpineWoods baru hanya memiliki 1 produk saja, lalu juga belum memiliki offline store, memiliki harga yang cukup tinggi, sehingga belum bisa bersaing atau sustain seperti pemain-pemain furniture lainnya yang sudah exist. Hal ini pun menjadi tugas yang cukup berat untuk tim marketing SpineWoods.

Jadi Apa ni target SpineWoods ke depan?

Target utama SpineWoods adalah terus mendevelop produk yang unik dan lebih sesuai dengan kebutuhan pasar. Sehingga walaupun masih small business tetapi kami dapat memberikan kepuasan kepada konsumen dengan memberikan design yang unik, bagus dan juga quality number one. Dengan adanya beberapa varian produk yang diminati target pasar maka lebih membuka kemungkinan untuk SpineWoods dijadikan pilihan oleh masyarakat.

image

Sejauh ini, mata pelajaran apa sih dari Prasetiya Mulya yang paling membantu bisnis kalian?

Mata pelajaran yang paling membantu bisnis SpineWoods adalah Marketing management dan Operation Management, karena 2 bidang tersebut sangat krusial di bisnis kami.

So, kalau konsumen mau tertarik produk SpineWoods bisa pesan kemana ni?

Saat ini kami belum memliki offline store namun kami akan membuka pameran beberapa kali dalam setahun untuk nantinya memperlihatkan koleksi produk baru nya. Untuk info nya kami memliki website yang bisa di akses di www.spinewoods.com, atau instagram : Spinewoods_id.

image

sukses terus buat SpineWoods! semoga bisnisnya semakin besar!

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »