Cerita Prasmul

Melatih Skill Komunikasi Bisnis Lewat Kompetisi

Suasana
Suasana Kompetisi Marketing Plan dan Commercial TV

Di mata Prasmulyan, nama Business Communication dikenal sebagai matakuliah yang berkesinambungan. Secara berturut-turut sejak semester 1 hingga semester 7,  mahasiswa akan selalu bertemu dengan matakuliah yang pengajarannya dilakukan dalam Bahasa Inggris ini.  Menegaskan arti pentingnya skill Komunikasi Bisnis bagi mahasiswanya,  Language Center (LC) Prasetiya Mulya menyelenggarakan Marketing Plan & TV Commercial Competition (MPTCC)  dengan tema “Flaire Up Your English”.

Lewat kemasan kompetisi yang menantang, acara puncak MPTCC yang diwajibkan bagi Prasmulyan angkatan 2011 peserta matakuliah Business Communication 5 ini pun berlangsung dengan meriah di Auditorium William Soeryadjaya, Kampus Prasetiya Mulya BSD pada hari Selasa (10/12) pagi. Sebanyak 10  tim terbaik dari jurusan S1-Accounting, S1- Business, S1-Finance dan S1-Marketing  yang telah lolos seleksi saling berhadapan pada babak final yang terbagi atas kategori Marketing Plan dan TV Commercial.

Dewan Juri
Para juri

Finalis  wajib mempresentasikan gagasannya di depan dewan juri  yang terdiri dari :  David Hannigan  (ETC Consulting), Dr. Rudy Handoko (Ketua Program S1 Prasetiya Mulya), Dwi Sosronegoro, M.Psi (Ketua Language Center Prasetiya Mulya), dan Suherman Widjaya, M.Buss.Acc.Fin  (Manager Program S1-Marketing Prasetiya Mulya). Selain melayani pertanyaan dan masukan dari juri , mereka juga harus mampu menjawab pertanyaan dari para penonton yang beberapa diantaranya menjadi  kompetitor.

Marketing Plan
Salah satu tim sedang menjelaskan Marketing Plan-nya

Layaknya presentasi di depan direksi perusahaan asing, setiap tim finalis memaparkan Marketing  Plan yang mereka buat dalam bahasa Inggris untuk mengangkat brand yang telah ditentukan. Meskipun kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris diutamakan, marketing plan yang mereka buat bukanlah sekedar pelengkap saja. Para peserta tetap mampu menyampaikan sebuah Marketing Plan yang standar mulai dari objective, target market, budgeting, pricing, hingga promotion strategy, dll.

PresentasiTak kalah menariknya, dalam kategori TV Commercial finalis mampu menyajikan konsep iklan TV yang  disertai dengan storyboards  hingga contoh videonya. Bahkan ada salah satu  tim yang mengemasnya dengan menghadirkan street performance bernuansa horror dengan permainan lighting yang redup. Kreativitas dan efektivitas  memang menjadi salah satu kriteria penilaian oleh juri sehingga setiap tim berpacu untuk menghadirkan kemasan yang minimal mampu mengundang tepuk tangan dari penonton.

Melalui  kegiatan ini,  Language Center berharap setiap  mahasiswa dapat mewujudkan  secara real,  kemampuan dan ketrampilan ( berkomunikasi) menggunakan bahasa Inggris  secara aktif dan nyata  serta mempraktekkan ketrampilan menulis, berbicara dan  berpresentasi  dalam ajang kompetisi.

Setelah melalui proses penjurian yang cukup ketat, diumumkanlah nama pemenang berdasarkan kategori dan pilihan terbanyak penonton (favorit).

Berikut daftar pemenang  MPTCC 2013 :

pemenang
Pemenang bersama para juri

Kategori Marketing Plan

1st Winner : Neutre

2nd Winner : Sephora

3rd Winner : Easy Go! Card

Kategori Storyboards / TV Commercial

1st  Winner : e-Wall

2nd Winner : Sabo

3rd Winner : Share Education

Favorit Team :

Marketing Plan : Neutre

Storyboards : e-Wall

 

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »