Cerita Prasmul
Back to Campus: GOES OFFLINE – Prasmulyan Living Guide

Back to Campus: GOES OFFLINE – Prasmulyan Living Guide

Suntuk beraktivitas dari rumah? Selama dua tahun lebih pandemi membatasi kegiatan kita di luar. Kuliah pun tidak terkecuali, karena kuliah online punya satu tantangan tersendiri: distraksi yang banyak.

Kerasa banget sih bedanya, kalo offline tuh bener-bener konsen dan harus fokus, sedangkan kalo online banyak distraksi” 

Ryan Christian, S1 Business 2020

Kelas OFFLINE: Off the Screen, Fasilitas Lengkap, Friends Who Belong with You!

Sering disebut-sebut sebagai angkatan Covid, mahasiswa angkatan 2019 ke bawah akhirnya kembali merasakan dunia kampus secara langsung.

Ryan dan teman kelas Offlinenya

‘Senang’ dan ‘Seru!’ disuarakan secara harmonis oleh para Prasmulyan 2020 ketika ditanya terkait perkuliahan offline, termasuk oleh Ryan Christian dari S1 Business, “Seru banget pastinya! Karena perbedaan experience selama kelas online, dan begitu offline bisa ngerti pelajaran karena lebih fokus dan bertemu secara fisik.”

Tanezia sewaktu foto bersama di kelas hybrid

Tanezia Hamdani dari S1 Business pun merasakan pengalaman yang berbeda dari kedua metode pembelajaran ini. Selain lebih fokus, ia juga merasa lebih memiliki purpose. “Waktu mulai kelasnya juga jujur lebih bikin motivasi, semangat dan niat bangkit,” ujar Tanezia.

Namun, perkuliahan tatap muka tidak hanya sekadar ‘senang’ dan ‘seru’ saja. Prasmulyan dapat berjumpa kembali dengan fasilitas kampus, seperti wi-fi di seluruh area, ruang kelas yang dilengkapi kursi nyaman, proyektor untuk memudahkan dosen dalam menjelaskan materi, toilet bersih, dan tidak lupa, parkiran yang luas buat kamu yang kangen berkendara ke kampus!

Offline VS Online: It’s About Perspective

Enakan offline, bosen di rumah mulu!” “Ah online lah mager banget offline!”

Di masa peralihan ini, ada juga mereka yang terlanjur nyaman dengan efisiensi online. Tentu saja ini bukan hal yang buruk, karena setiap hal pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Gue pribadi lebih suka offline, karena rasanya lebih mudah untuk berinteraksi sama dosennya. Terus sama temen-temen juga bisa saling diskusi jadi nggak bosen atau ngantuk gitu,” ujar Stephanie Dyah.

Stephanie dan teman satu kelasnya dalam mata kuliah Marketing Management

Ryan malah mengatakan sebaliknya, “Justru kalo dari segi efisiensi sih, online lebih enak, karena nggak perlu makan waktu di perjalanan.” Sayangnya, kalau melihat segi sosial, Ryan seringkali mengalami kesulitan selama kuliah online, jika group project dilakukan secara offline akan mempermudah komunikasi dan kerja sama.

New Scene = New Opportunities 

Chandra Henryawan Wijaya, Mahasiswa S1 Business Economics 2020

“Tidak perlu ragu, ini saatnya menjadi mahasiswa yang sesungguhnya. Fasilitas kampus menanti,” – Chandra Henryawan Wijaya, S1 Business Economics 2020

Kalau kamu takut untuk kembali berkuliah ke kampus dan ketemu banyak orang tiap harinya lagi, tidak apa-apa! Wajar, karena setiap perubahan butuh proses untuk adaptasi. Jika butuh affirmation, coba baca testimoni dari teman-teman yang sudah mencoba berkuliah secara offline.

Ayo buruan offline, karena beda banget loh experiencenya, dan gue jamin pasti bakal lebih seru!”

– Tanezia Hamdani, S1 Business 2020

Tidak hanya Tanezia yang menyerukan experience kuliah offline, ternyata Stephanie Dyah, Prasmulyan S1 Business 2020 merasa lebih termotivasi, “Kalo offline bawaannya seru, bisa diskusi langsung sama dosen dan teman-teman kelas.”

Testimoni juga datang dari Chandra mengenai aktivitas langsung di kampus, sesuatu yang ia nantikan sejak menjadi maba. “Menjadi momen yang ditunggu-tunggu sih, karena bisa ngerasain kegiatan belajar dengan tingkat fokus yang lebih tinggi,” ujarnya. 

Fiola di kelas Business Mathematics

Bahkan Prasmulyan yang sudah mencoba berkuliah offline juga menitipkan pesan agar kedepannya, perkuliahan akan dilaksanakan sepenuhnya secara offline dengan tentunya patuh pada protokol kesehatan.

“Bagi temen-temen, apalagi angkatan baru yang belum merasakan dunia perkuliahan, jangan ragu buat ikut kelas offline. Kalau kalian nggak ikut kelas offline, jadi nggak berasa kuliah. Tetap jalani prokes aja selama kelas berlangsung, aman!” – Fiola Chrysantina, S1 Business Mathematics 2020

Dengan begini, Prasmulyan bisa memberantas rasa mager dan menemukan kesempatan baru dengan memanfaatkan fasilitas kampus semaksimal mungkin!

Add comment

Translate »