Cerita Prasmul

Tarik Investor ke Bisnis Anda dengan 3 Langkah Ini!

Menarik investor untuk menggelontorkan sejumlah uangnya bukanlah perkara mudah. Tak hanya pembawaan yang persuasif, investor tentu memerhatikan ide orisinil, matang, dan valid, yang disuguhkan kemampuan pitching yang andal. 

Itulah mengapa, dalam coaching session ajang Pitch First 2020 pada Sabtu (26/08) lalu, Sukasah Syahdan, S.S., M.B.A. dan Hendro Adiarso Tjaturpriono, T., MBA., Ph.D, selaku Faculty Member MM Prasetiya Mulya, membagikan ilmu mereka dalam membentuk ide serta mengonstruksi pitching yang dapat menarik hati para investor! 

Mulai dari Gagasan Bisnis yang Menjual

Jantung dari setiap bisnis adalah produk atau layanan. Namun, di balik produk maupun servis yang baik, terdapat pula ide yang menjual. Lantas, sebenarnya seperti apa ide bisnis yang baik? 

Kepada para partisipan Pitch First 2020, Pak Hendro menyatakan bahwa terdapat 6 kunci penting untuk menciptakan gagasan bisnis yang baik. 

  • Sederhana. Limit the step to revenue! Ciptakan customer journey yang ringkas bagi bisnis Anda.
  • Memiliki konsumen yang jelas. Bangun customer persona dari bisnis Anda untuk membantu menciptakan implikasi pemasaran yang tepat. 
  • Mempunyai aliran pendapatan tunggal. Banyak bisnis mengira, semakin banyak sumber pendapat suatu bisnis akan semakin baik. Menepis hal tersebut, Pak Hendro mengatakan, ”Bisnis yang baik, terutama bagi first timer, perlu ditentukan apakah pendapatan utamanya dari komisi, penjualan, atau yang lain?”
  • Dapat diartikulasikan. Semakin mudah ide bisnis Anda dijelaskan, semakin besar pula akan diterima masyarakat. Untuk itu, konsultasikan ide Anda ke banyak pihak untuk memperoleh feedback demi memperjelas gagasan.
  • Memiliki potensi pasar yang besar. Apakah bisnis Anda memberikan solusi bagi pasar yang besar, atau kecil? Mengingat bisnis, terutama startup harus bertumbuh secara eksponensial, investor perlu memastikan ukuran market Anda. Semakin besar market bisnis Anda, semakin baik.
  • Memiliki competitive advantage. Pengalaman yang mumpuni dan potensi relasi dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi ide bisnis Anda. 

Pastikan Ide Anda Valid

Ide yang brilian di mata produsen bisa jadi tidak serupa di mata konsumen. Untuk itu, agar menemukan persepsi yang sejalan, memvalidasi ide sebelum mengeksekusinya penting untuk dilakukan semua pebisnis.

Pak Hendro kembali menjelaskan, “Sebelum membawakan ide bisnis Anda, lakukan validasi dengan menanyakan pertanyaan berikut: “Seberapa besar market Anda?”; “Apakah bisnis Anda mudah digantikan?”; “Seberapa sering konsumen menggunakan produk dan jasa Anda?

Hasil identifikasi jawaban tersebut  akan memberikan validasi dari gagasan bisnis dan kesesuaiannya dengan kebutuhan konsumen.

Siap? Saatnya Pitching ke Investor!

“I don’t believe in words saying “when your business idea is good, everything will follow” because I learn how a good idea turns terrible when you don’t know how to communicate it.”

Hyacynthia Kesuma, First Winner Team Pitch First 2020, 
Universitas Prasetiya Mulya.

Sebagai pebisnis, Anda tentu tak sabar untuk menunjukkan setiap keunggulan dari bisnis Anda. Namun dalam durasi yang singkat, yakni 3-6 menit, Anda ditantang untuk mengemas penyampaian yang ringkas, jelas, namun tetap persuasif.

Untuk itu, Pak Hendro kembali membagikan Startup Madlibs yang perlu dipersiapkan. Beliau mengatakan bahwa pitching yang baik perlu menjelaskan profil usaha, apa yang sedang dikembangkan, serta masalah yang akan diselesaikan bisnis Anda.

Hendro Adiarso Tjaturpriono, T., MBA., Ph.D, dalam menjelaskan Startup Madlibs.

Turut melengkapi, Pak Sukasah mengatakan, “Terlebih di masa online, intonasi suara dan seberapa percaya diri Anda merupakan komponen yang kian menjadi penting dalam menyampaikan pitching.”

“Pitch First taught me how to present my ideas in a clear, concise, and persuasive way, in front of fellow participants, and most importantly, investors.”  

Jason Widjaja Sugiharto, Best Pitching Category Team Pitch First 2020,
The University of British Columbia. 

Pitch First adalah kompetisi pitching gagasan Management Society, MM Prasetiya Mulya guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam mengekspresikan dan mempresentasikan ide bisnis. Diadakan Sabtu (26/08) lalu, kompetisi ini dimenangkan oleh The Ace Team, Universitas Prasetiya Mulya (Juara I); Très Bien, IPMI International Business School (Juara II); Nexus, Universitas Indonesia (Juara III); dan UBC, The University of British Columbia (Best Pitching Category).

Gabriela Junisa Lasse

Gabriela Junisa Lasse

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »