Cerita Prasmul

MOSE Prasmul: Tutup Tahun, Prasmulyan Bergerak Lestarikan Ekosistem Pesisir

Menghabiskan akhir tahun dengan berlibur mungkin terdengar biasa. Tapi beda cerita kalau liburan dikemas dengan penuh manfaat layaknya yang dilakukan Prasmulyan yang tergabung dalam MOSE (Movement on Social and Environment).

Sebagai gerakan peduli sosial dan lingkungan, MOSE menghadirkan acara bertajuk HOME (Healing Our Marine Ecosistem)  pada 9-10 Desember 2017 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Menariknya, 55 Prasmulyan tak hanya berplesir disana, melainkan membawa misi pelestarian lingkungan ekosistem laut.

Langkah kecil Berdampak Besar

Sesampainya di pulau Pramuka, Prasmulyan segara  bersiap menjalani salah satu highlight acara di HOME yaitu snorkeling untuk melihat langsung keindahan biota laut di Kepulauan Seribu. Acara snorkeling ini bertujuan untuk memberikan hiburan singkat kepada para partisipan dan panitia, sekaligus memberikan pelajaran untuk menghargai ekosistem laut yang beragam.

Kapal pun melanjutkan perjalanan ke penangkaran terumbu karang. Para partisipan dan panitia diajak untuk terjun langsung menanam terumbu karang dengan metode stek. Melestarikan terumbu karang yang merupakan tempat tinggal dan sumber makanan makhluk hidup di dalam laut merupakan langkah kecil yang berdampak besar yang patut diapresiasi.

Mahasiswa Prasmul yang tergabung dalam MOSE melakukan penanaman terumbu karang di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Hari kedua HOME dimulai dengan semangat para partisipan dan panitia menuju tempat penanaman mangrove. Rombongan pun diberikan penjelasan sebelum akhirnya diberikan langsung bibit-bibit mangrove yang akan ditanam di pesisir pantai. Ketika mangrove sudah tumbuh besar, nantinya akan menjadi benteng yang melindungi pulau dari dampak buruk abrasi gelombang laut.

MOSE Prasmul 2017: Mengenal lebih dekat bibit mangrove dalam acara HOME.
Prasmulyan dan warga sekitar pesisir pantai melakukan proses penanaman bibit mangrove di Kepulauan Seribu.

Acara HOME dengan tagline “The Act Starts with You” ini berhasil dilaksanakan dengan sukses. Sampai jumpa di #PrasmulyanMovement berikutnya. Jangan lupa untuk selalu selalu melakukan sebuah perubahan, karena #TheActStartsWithYou.

Sumber:

PR MOSE Prasmul

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »