Cerita Prasmul

LEXIL : Mendekatkan Mahasiswa IBL dengan Praktik Nyata Dunia Hukum

Tahun 2020 adalah awal bagi program studi S1 International Business Law (IBL) Prasetiya Mulya, memiliki badan eksekutif mahasiswa yang disebut Law Student Executive Council (LEXIL). Meski relatif baru jika dibandingkan dengan HIMA Prasmul lainnya, generasi pertama LEXIL sudah sukses mengadakan berbagai program kerja, yang menjadi wadah bagi Prasmulyan mendalami dunia hukum, dengan cara yang seru dan menantang. 

Bagaimana ya, rasanya menghimpun ratusan mahasiswa dan menyuarakan aspirasi-aspirasi jurusan? Yuk, simak kegiatan yang berhasil digelar oleh LEXIL selama satu tahun terakhir!

Legal Clinic

Sadar atau tidak, banyak dari aktivitas kita dalam bermasyarakat berhubungan dengan unsur hukum. Contohnya saja dalam membangun usaha, tidak bisa sembarangan dan ada berbagai proses yang harus kita lalui. 

Mengingat tak sedikit Prasmulyan yang membangun bisnis, seperti untuk menyelesaikan proyek Business Plan-nya, LEXIL menyediakan sesi konsultasi dan sharing seputar hukum, untuk mengisi kebutuhan konteks hukum dalam membangun bisnis. Di sinilah secara tidak langsung, mahasiswa S1 IBL merasakan pengalaman menjadi seorang konsultan hukum di klinik legal LEXIL. What a win-win solution, ya!

LEXINAR

Ingin menimba ilmu soal hukum? Stream Lexinar di sini!

Sejauh ini, Lexinar sudah berhasil diselengaarakan sebanyak tiga kali—lebih banyak dari yang direncanakan sebelum pandemi melanda. Tema yang dibahas dalam seminar online gratis ini pun berbeda-beda dan beragam, seperti Keabsahan Penggunaan Dokumen Elektronik di Masa Pandemi COVID-19, Klaster Lingkungan Hidup UU Ciptaker, dan Perspektif Eropa dan Perbandingan soal Kontrak dan COVID-19 terhadap Indonesia. Selain itu, LEXIL juga mengundang pembicara-pembicara expert dari luar negeri, lho! Jadi, ilmu kamu tidak akan terbatas di lingkup Indonesia saja.

Ragam Kompetisi LEXIL

Ada dua kompetisi yang diselenggarakan oleh LEXIL. Pertama, Legal Debate Competition, atau lomba debat internal yang terbuka mahasiswa dari semua jurusan yang ada di Prasetiya Mulya. Dalam acara yang diadakan pada 8 Desember 2020 lalu ini, LEXIL mengangkat trending topic terkait ketenagakerjaan sebagai tema utama lomba. 

Nah bagi kamu siswa SMA/Sederajat, LEXIL juga menyediakan lomba speech dan debat pertamanya di akhir Juni 2021 nanti, dalam Prasetiya Mulya Business Law Competition (PMBLC)

The Lawpreneurship Journal

Untuk mengasah ilmu yang diperoleh selama pembelajaran, LEXIL juga mengajak mahasiswa IBL untuk membuat The Lawpreneurship Journal atau Jurnal Penelitian Tahunan Mahasiswa Hukum Bisnis Internasional. Dengan menerbitkan 1 volume berisi 2 isu jurnal setiap tahunnya, mahasiswa yang adalah penulis jurnal dapat berkolaborasi dengan mahasiswa dari kampus lain, untuk bersama menorehkan namanya dalam temuan hukum Indonesia. Untuk memperoleh bimbingan, susunan riset ini berada di naungan Faculty Member International Business Law.

Studi Banding

Bagi awam maupun profesional, tetap belajar dan mengasah diri agar berkembang adalah sebuah keharusan. LEXIL melakukannya melalui studi banding, berkolaborasi dengan Badan Eksekutif dan Himpunan Mahasiswa kampus lain, lho. Seperti pada 21 November 2020 yang lalu, studi banding LEXIL diadakan bersama BEM Universitas Tarumanegara. Dari sana, mahasiswa dapat memperluas relasi dan berbagi seputar kepengurusan, pengalaman, dan program kerja. 

The Sidebar

Tahukah kamu, bahwa salah satu misi LEXIL adalah mewujudkan fungsi tanggung jawab sosial kepada masyarakat? Untuk benar-benar menyanggupi hal tersebut, LEXIL aktif menghasilkan postingan menarik seputar hukum, seperti pembahasan kontroversi UU Omnibus Ciptaker tahun 2020 yang lalu. Yeselia, Ketua LEXIL periode 2020-2021 mengakui, bahwa sebagai mahasiswa hukum, ia memiliki kewajiban untuk mengedukasi masyarakat seputar isu hukum terbaru dan melawan informasi-informasi keliru yang beredar di masyarakat.

“Tanggap dengan isu hukum yang ramai, kamu ingin mengajak dan mengedukasi masyarakat supaya lebih hati-hati dan cermat dalam memilah informasi yang beredar di Internet, melalui Sidebar.” 

Yeselia, Ketua LEXIL periode 2020-2021

Ingin turut berkontribusi kepada masyarakat bersama LEXIL? Pantau kegiatan LEXIL di Instagram @lexil.prasmul atau baca lebih lanjut tentang S1 International Business Law di sini!

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »