Cerita Prasmul

Ini Dia Serunya Jadi Mahasiswa S1 Branding Prasmul

Hi Future Prasmulyan! Selain kehadiran program S1 Bisnis yang terkenal unggul di Prasmul, kampus ini juga punya ragam program studi menarik, salah satunya S1 Branding. S1 Branding yang merupakan bentuk baru dari S1 Marketing ini menyuguhkan kurikulum aplikatif dan berbagai kegiatan menarik bagi mahasiswanya. Untuk memahami lebih dalam akan program peminatan ini, ceritaprasmul berkesempatan bincang langsung dengan salah satu mahasiswi berprestasi jurusan S1 Branding. Bagi kamu yang berencana masuk jurusan Branding, simak deh pemaparan dari Azalika tentang gimana serunya menyandang status sebagai anak S1 Branding di Prasmul.

Nama    : Azalika Avilla Adinda

Jurusan : Marketing 2013

IPK         : 3.50

Hai Azalika, boleh cerita kenapa awalnya kamu tertarik memilih jurusan ini di Prasmul? 

Dari awal mau masuk kuliah memang sudah pilih Prasmul, dan ternyata instead of bisnis yang notabenenya diajarin buat usaha, ternyata ada jurusan yang jauh lebih cocok sama personality aku which is Marketing! Jadi seneng banget pas ikut info sessionnya juga diceritain tentang apa yang bakal dipelajari di jurusan ini dan ternyata sesuai dengan apa yang aku mau.

Setelah masuk Prasmul, bagaimana pengalaman kuliah di jurusan tersebut?

SERU BANGET! Ga ada nyeselnya sama sekali! Dari awal semester udah dapet project yang bener-bener seru, waktu itu project paling gedenya adalah Reinventing the Museum, dimana kita harus pikirin cara buat inovasiin Museum Nasional Indonesia. Sejak itu setiap semesternya terus-terusan dapet project dengan klien yang berbeda dan tantangan yang berbeda-beda tapi benar – benar seru dan kasih experience yang gabisa di dapet di kampus lain! jurusan marketing banyak memberiku kesempatan untuk bertemu dan menangani klien dari perusahaan nasional maupun multinasional. Pada tiap semesternya, biasanya semua project itu dilombakan seangkatan, jadi kita juga belajar cara berkompetisi secara sehat.

Mata kuliah paling menyenangkan menurut kamu?

Hampir semua mata kuliah jangkar Marketing itu seru (mata kuliah jangkar merupakan suatu mata rantai pemasaran secara keseluruhan). Aku paling suka matkul di semester 2, yaitu Consumer Insight. Itu pertama kalinya aku harus ngelakuin riset, interviewfocus group discussion, dan mencari insight untuk brand yang berbeda-beda setiap 2 minggunya. Pada saat itu,  aku dapat kesempatan final project untuk mencari insight dari konsumen Teh Kotak terkait upaya pengembangan brand tersebut dan hasil project yang dikerjaan bisa dipresentasikan langsung di depan pihak Teh Kotak.

Selain itu, aku juga suka mata kuliah Leisure Management, dimana pas tahun  itu aku kedapatan project berupa #BogorLeisureProject Dengan rekan satu tim, kami berusaha menggali ide-ide kreatif agar Kebun Raya Bogor dikunjungi oleh lebih banyak orang. Jadi, pada project itu kita diharuskan bolak-balik kota Bogor dan mencari insight dari pada pengunjung, dan pada akhirnya mempresentasikan ide di depan Wali Kota Bogor, Bapak Bima Arya Sugiarto.

Mata kuliah paling sulit menurut kamu?

Menurutku, mata kuliah yang paling sulit itu pastinya yang berhubungan sama angka dan finance, seperti Financial Accounting, Microeco, Macroeco, dll. Tapi untungnya, aku selalu usaha untuk ga dapat nilai jelek meski untuk pelajaran yang bukan favorit. Dan for the record, ternyata anak Marketing itu emang harus juga belajar angka, mau gak mau, suka gak suka, tetep harus ngerti itung-itungan! Jadi segasuka-gasukanya aku sama angka, aku tetep semangat belajar karena tahu itu pasti kepakai di masa depan.

Pengalaman yang paling seru selama berkuliah di Prasmul?

Banyak banget! Hampir semua yang aku lakuin di Prasmul itu seru, salah satunya kerja kelompok. Hampir semua project dilakukan perkelompok, dengan adanya kelompok tersebut aku merasa seperti punya keluarga di kampus, terutama kalo lagi dirundung tugas yang banyak, satu kelompok bisa begadang bareng demi dapat hasil kerja yang maksimal. Sejauh ini, yang bakal dikangenin dari Prasmul adalah masa-masa seru ngerjain tugas dan kerja kelompok sama temen-temen sih.

Menurut kamu, apa sih keunggulan mahasiswa Prasmul?

Di Prasmul, teori dan praktek diajarkan dengan proporsi yang imbang, tiap mata kuliah pasti final projectnya itu praktek. Kami dibentuk untuk  terbiasa menghadapi praktek kerja di dunia nyata.

Cita-cita kamu ingin menjadi apa?

Cita-citaku pasti tetap berada di dunia marketing, pengin banget sih kerja di konsultan marketing atau punya consulting agency sendiri. Tapi karena dunia consulting itu lumayan keras, untuk jangka menengahnya aku tertarik jadi head marketing di perusahaan e-commerce, karena aku suka banget dunia e-commerce.

Gimana sih cara Prasmul membantu kamu dalam mencapai cita-cita tersebut?

Sejauh ini, ilmu marketing yang aku dapat dari Prasmul sangat banyak, salah satunya Prasmul ngebentuk mahasiswanya untuk jadi brand Semua yang aku pelajari dan dapetkan di Prasmul benar-benar membantu banget buat aku mencapai semua yang aku mau di dunia kerja marketing.

Apa yang mau kamu sampaikan ke teman-teman di luar sana yang mau masuk jurusan ini?

INI JURUSAN TERSERU DI PRASMUL! Hehehe. Kalo kamu merasa kreatif, suka hal-hal menantang, suka punya ide-ide out of the box, dan ingin kerja dalam industri kreatif,  jurusan ini tepat banget buat kamu! Ga akan nyesel masuk sini karena aku yakin ini jurusan marketing Prasmul berhasil mencetak lulusan berkualitas yang unggul di dunia kerja professional.

Prestasi akademik dan non-akademik apa yang pernah kamu capai? 

Selama aku kuliah, aku beberapa kali mendapat prestasi, baik di internal Prasmul maupun eksternal Prasmul, diantaranya adalah:

  • Juara 2 Consumer Insight Award for Teh Kotak untuk matkul Consumer Insight
  • Juara 1 di Marketing Attack Day 2015 untuk matkul Marketing Research
  • Juara 2 Marketing Plan for Valo Car Care di matkul Marketing Management
  • Juara 2 Marketing Plan for Promina di matkul Integrated Marketing Communication
  • Finalis untuk Pengembangan Destinasi Kota Bogor untuk matkul Leisure Management
  • Juara 2 WOW Case Competition by Markplus, Inc.
  • Juara 1 RSPI Marketing Plan Competition
  • Best Speaker of RSPI Marketing Plan Competition
  • TOP 5 Finalist X-Fest Marketing Plan Competition by Markplus, Inc& BCA

Setahu kamu,  future career apa saja yang bisa dilakukan oleh lulusan dari jurusan ini?

Peluang karirnya sangat terbuka lebar, diantaranya menjadi branding consultant, marketing manager, advertising consultant, atau public relation juga bisa

Kegiatan kampus apa yang pernah kamu ikuti?
Music Night 2013 — Divisi Publikasi
Prasmul Olympics 2014 — Divisi Administrasi
Prasmul Olympics 2015 — Divisi Event
The Blue Merchant PrasetiyaMulya 2014 & 2015 — Divisi Marketing
Horizon Radio 2014 — Divisi Creative
Introductory Program 2015 — Lodestar
Female Fitness Festival 2016 — Divisi Sponsorship

  • Juara 1 RSPI Marketing Plan Competition (kanan)
    Juara 2 WOW Case Competition by Markplus, Inc (tengah)
    Serunya ospek edukatif Prasmul, bernama introductory program

    Semoga kisah Azalika sedikit banyak dapat menambah wawasan teman – teman seputar ruang lingkup program S1 Branding di Prasmul. Jika kamu membutuhkan informasi terkait kurikulum dari jurusan ini, silahkan akses disini: Kurikulum S1 Branding (*CV/VIO)

 

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »