Cerita Prasmul

Event Report & Hasil : Deteksi Bizsmart Challenge 2014

Pada tanggal 6 hingga 11 November 2014 lalu, Prasetiya Mulya School of Business and Economics bekerja sama dengan DETEKSI Jawa Pos untuk menyelenggarakan DETEKSI Bizsmart Challenge. Acara ini merupakan salah satu dari rangkaian acara kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh DETEKSI Jawa Pos bagi anak-anak sekolah setingkat SD,SMP dan SMA di Surabaya dan sekitarnya.
DIK_tm biz-smart-9_resized
Bizsmart Challenge merupakan kompetisi cerdas cermat tingkat SMA, kompetisi ini terdiri dari 32 tim undangan terpilih, yang akan mengikuti 2 babak penyisihan yaitu babak 16 besar dan 8 besar sebelum menuju ke final. Kompetisi ini menggunakan sistem klasemen, dimana tim yang lolos ke babak berikutnya dilihat berdasarkan peringkat skor dari seluruh tim yang bertanding.
Untuk memberikan gambaran mengenai sistem dan kebijakan kompetisi cerdas cermat Bizsmart Challenge ini sebelumnya telah diselenggarakan technical meeting pada hari Sabtu tanggal 26 Oktober lalu. Acara mencakup pembekalan mengenai topik-topik yang akan keluar menjadi soal pada kompetisi, tantangan fisik, kebijakan penilaian dan tatacara menjawab. Agar lebih jelas dan membuat acara lebih semarak dilakukan uji coba sebanyak 2 kali, yang pertama dilakukan oleh kru deteksi dan yang kedua dipilih 4 tim peserta untuk mengikuti simulasi kompetisi.
Pada hari pertama dan kedua, pertandingan merupakan babak penyisihan dari 32 tim menjadi 16 tim yang dibagi menjadi 4 pertandingan dan setiap pertandingan terdiri dari 4 tim. Pertanyaan yang diberikan kepada tim peserta mencakup pengetahuan umum, logika, hitung cepat, dan seputar dunia bisnis.  Untuk membuat kompetisi semakin seru, pada setiap pertandingan akan diberikan tantangan fisik yang unik agar tim berkesempatan mendapatkan nilai tambahan.
Untuk setiap babak pertandingan, maka tingkat kesulitan dari soal yang diberikan akan semakin tinggi. 4 tim yang berhasil mengumpulkan skor tertinggi pada setiap babak penyisihan akan mendapatkan hadiah menarik dari PMSBE. Hadiah ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap perolehan skor yang tinggi.
1_Prassmul_Juara_resized
Pada babak final, 4 tim terbaik yang berhasil lolos berasal dari SMAN 1 Surabaya, SMAN 5 Surabaya, SMAN 16 Surabaya dan SMA St. Louis 1 Surabaya. Skor susul menyusul dengan cukup ketat dan  diberikan pertanyaan berantai yang harus dijawab oleh setiap tim untuk menambah perolehan skor akhir. Juara 1 diraih oleh SMAN 1 Surabaya, dan SMA St. Luois 1 sebagai juara 2 dan SMAN 5 Surabaya menjadi juara 3 dari kompetisi DETEKSI Bizsmart Challenge.
Kontributor : Awaliyah Alifi

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »