Cerita Prasmul

Cerita Perwakilan Universitas Prasetiya Mulya dalam Outstanding Students For The World : Hendry Yonatta

Koran_Sindo_Nasional_2016-05-31_News_Dipuji_Menteri_Pendidikan_Hong_Kong,_Dijadikan_Proyek_Percontohan_1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Peserta Outstanding Students For The World berfoto bersama Menteri Pendidikan Hong Kong (depan kedua kiri)

 

Seperti sudah kita ketahui, lima mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya dari jumlah total 12 mahasiwa di Indonesia terpilih oleh Kemenlu menjadi perwakilan delegasi diplomasi ekonomi Indonesia dalam Outstanding Students For The World di Hong Kong. Mereka berada di Hong Kong mulai dari tanggal 24 hingga 28 Mei 2016 dan selama di Hong Kong, peserta  mempromosikan sektor wirausaha Indonesia di hadapan Hong Kong Trade Development Council (HKTDC), Hong Kong Productivity Council (HKPC), Hong Kong Federation of Youth Groups (HKFYG). Mereka juga melakukan analisa peluang akses pasar dan juga menjalani wawancara dengan media massa setempat.

Ceritaprasmul berkesempatan mewancarai salah satu peserta OSTW  dari Universitas Prasetiya Mulya, Hendry Yonatta, mahasiswa S1 Bisnis Universitas Prasetiya Mulya melalui email pribadinya.

Berikut wawancara admin melalui email pribadi Hendry mengenai kisahnya tentang bisnisnya dan Outstanding Students For The World :

HENDRY YONATTA

1. Hi Hendry! Selamat ya telah terpilih oleh Kemenlu menjadi salah satu duta Indonesia dalam Outstanding Students For The World.  Bisakah Hendry ceritakan awal mulanya Hendry saat terpilih oleh Kemenlu? Apakah ada tes dan syarat-syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu?

Waktu itu dari kemahasiswaan meminta saya untuk mewakili Prasetiya Mulya dalam kompetisi tersebut. Saya diminta untuk mengirimkan persyaratan-persyaratan diantaranya adalah curriculum vitae, proposal usaha, dan persyaratan administrasi lainnya. Selanjutnya, saya menunggu pengumuman selanjutnya dan akhirnya terpilih ke dalam 20 mahasiswa yang diundang untuk interview. Pada saat interview, saya diminta untuk menjelaskan usaha yang saya miliki dan pencapaian yang telah saya dapatkan selama ini. Setelah proses interview, saya sempat khawatir karena tidak mendapat kabar sampai hampir dua minggu, dan sudah mendekati akhir bulan Mei, padahal duta Indonesia akan dikirim ke Outstanding Students For The World pada akhir bulan Mei. Pada tanggal 12 Mei, saya mendapat email yang mengabarkan bahwa saya termasuk ke dalam 12 mahasiswa yang akan mengikuti program ke Hong Kong.

 

2.  Bisakah Hendry ceritakan mengenai bisnis Hendry yang Hendry presentasikan di Hong Kong? Bagaimana awal mula Hendry dan tim menciptakan highlight, lampu LED tenaga surya ini? 

unt 3HIGHLIGHT berawal dari mata kuliah Business Creation pada semester 3. Saya dan teman-teman mengembangkan HIGHLIGHT dengan tujuan untuk menciptakan suatu lampu yang hemat energy karena sebelumnya melihat keprihatinan akan adanya kemungkinan kelangkaan energy listrik di masa mendatang. Kami memberikan inovasi-inovasi berkelanjutan dalam produk HIGHLIGHT, dari yang awalnya hanya lampu tidur, saat ini kami kembangkan menjadi beberapa line produk diantaranya adalah produk yang mengandalkan fungsinya sebagai penerangan dan produk yang mementingkan nilai estetikanya.

 

3. Cerita dong, pengalaman Hendry selama di Hong Kong bersama OSTW? Apakah yang paling menarik dan berkesan selama berada di sana? 

Kunjungan ke Hong Kong tersebut sebenarnya memiliki tiga tujuan yakni :

(1) menjadi duta diplomasi ekonomi Indonesia yang merepresentasikan adanya generasi muda berprestasi di bidang kewirausahaan;

(2) mempelajari cara kerja bisnis di Hong Kong; serta

(3) mencari peluang yang dapat digunakan oleh para wirausahawan muda Indonesia untuk melakukan ekspansi dan memperkuat posisi Indonesia dalam perdagangan internasional. Di sana, kami mengunjungi beberapa fasilitas yang mendukung wirausahawan contohnya Hong Kong Trade Development Centre (HKTDC), Hong Kong Productivity Council, dan Hong Kong Federation For Youth Groups (HKFYG). Selain itu kami juga mengunjungi Hong Kong University, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong, bertemu dengan Persatuan Pelajar Indonesia di Hong Kong dan yang paling berkesan adalah bertemu dengan Menteri Pendidikan Hong Kong, Mr. Eddie Ng.

Koran_Sindo_Nasional_2016-05-23_News_Kemlu_Kirim_Mahasiswa_Berprestasi_ke_Hong_Kong_1

 Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Al Busyra Basnur (belakang kelima kiri), Pemimpin Redaksi KORAN SINDO Pung Purwanto (belakang keempat kiri), perwakilan Ditjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Erick (depan kedua kiri) berfoto bersama mahasiswa berprestasi di sektor wirausaha usai acara pengenalan mahasiswa berprestasi yang mengikuti program Outstanding Students For The World (OSTW) di Jakarta, Minggu (22/5/2016).

 

4.  Adakah pesan khusus baik dari Kemenlu ataupun dari pihak-pihak di Hong Kong untuk bisnis Hendry?

Kemenlu berpesan bahwa mereka akan terus mendukung usaha-usaha dari wirausahawan Indonesia, khususnya untuk melakukan ekspansi dengan proses ekspor-impor, manfaatkan Konsulat Jenderal Republik Indonesia dan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk melakukan hal-hal tersebut.

Program OSTW sendiri saya lihat merupakan sarana dari Kemenlu untuk memfasilitasi wirausahawan muda untuk berkembang, dan merupakan langkah awal bagi saya untuk mencapai hal-hal yang lebih besar lagi dalam bidang kewirausahaan.

UntitledPeserta Outstanding Students For The World berfoto bersama di Hong Kong Federation Youth Group

 

5. Bagaimana Hendry melihat peran Universitas Prasetiya Mulya dalam bisnis yang Hendry jalani (dan teman prasmul lainnya yang ke Hong Kong?) 

Prasetiya Mulya ambil bagian yang sangat besar dalam berdirinya bisnis saya, HIGHLIGHT. Saya dan teman-teman HIGHLIGHT, terus didampingi dalam menjalankan bisnis melalui mata kuliah Business Development. Kami didampingi oleh Universitas Prasetiya Mulya tidak hanya dalam segi pengembangan bisnis, tetapi pada semester itu juga kami mendapatkan mata kuliah Operation Management, Marketing Management, Human Resource Management, dan Financial Management. Pada semester 4 itulah saya dan teman-teman berhasil mengembangkan HIGHLIGHT hingga dapat memasuki pasar tidak hanya B2C tetapi juga B2B dan kami meraih penghargaan Best Product di Kategori Creative di acara Creatifest 2015, saya sendiri mendapatkan penghargaan sebagai Best Chief Operation Officer di ajang yang sama.

untitle 2

Peserta Outstanding Students For The World berfotobersama di Hong Kong Productivity Council

6. Adakah tips-tips dari Hendry kepada teman-teman untuk mengembangkan bisnis?

Fondasi untuk membuat bisnis itu sendiri harus kuat dan haruslah bisa memberikan dampak ke orang lain. Seperti contohnya, HIGHLIGHT dibuat karena adanya keprihatinan karena mungkinnya terjadi kelangkaan sumber daya listrikdan HIGHLIGHT sendiri ingin membawa dampak bagi masyarakat untuk menggunakan energy listrik dengan sebaik-baiknya khususnya dengan penggunaan lampu hemat energy HIGHLIGHT. Untuk menjalani bisnis di bidang teknologi sendiri sebenarnya tidak mudah, kendala yang paling berpengaruh adalah sulitnya mencari supplier, tetapi kuncinya adalah inovasi dan berpikir kreatif untuk menyelesaikan segala macam masalah yang ada, dan jangan lupa manfaatkan networking yang kamu miliki.

Oke, Selamat dan sukses terus ya untuk bisnisnya Hendry! Semoga bisa menjadi inspirasi juga untuk Prasmulyan dan para pebisnis muda lainnya 🙂

 

Untitled 43

Peserta Outstanding Students For The World berfoto bersama di Hong Kong Trade Development Centre

 

Terakhir, terlampir link berita terkait Students Of The World ke Hong Kong ya :

MEDIA RELEASE

http://www.koran-sindo.com/news.php?r=0&n=8&date=2016-05-31

http://international.sindonews.com/read/1112652/40/hongkong-tertarik-dengan-program-ostw-indonesia-1464618268

http://international.sindonews.com/read/1111738/40/peserta-ostw-2016-menimba-ilmu-bisnis-di-hong-kong-1464268943

http://international.sindonews.com/read/1110645/40/inilah-12-anak-muda-hebat-indonesia-yang-pamer-usaha-di-hong-kong-1463965714

http://www.koran-sindo.com/news.php?r=0&n=10&date=2016-05-23

http://photo.sindonews.com/view/18008/promosikan-sektor-wirausaha-kemenlu-bawa-mahasiswa-ke-hongkong

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »