Cerita Prasmul

5 Hari Membangun Jiwa Entrepreneur Muda

“We are Start UP Business Champion,

We are Start UP Business Champion,

We are Start UP Business Champion!!”

Sebanyak dua puluh orang anak muda dengan semangat meneriakkan kalimat tersebut keras-keras pada acara Start UP! Business Camp — 5 days to Start UP your own business yang diadakan oleh Synergy Entrepreneur Academy. Sebuah acara Business Camp, dimana dalam 5 hari 5 malam, para anak-anak muda penuh inspirasi berusia 15-19 tahun diajak untuk memulai bisnisnya sendiri. Semangat mereka dalam bersua menggambarkan betapa besar keinginan mereka untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Start UP! Business Camp berlangsung pada tanggal 26-31 Desember 2013, di sebuah apartemen di kawasan Edutown BSD City, Kubikahomy. Acara ini juga didukung oleh salah satu kampus bisnis terbaik di Indonesia, Prasetiya Mulya.

Mungkin sudah sering kita dengar, bahwa entrepreneurship merupakan jalan menuju Indonesia yang maju dan sejahtera. Entrepreneurship tersebut bukan sekedar ilmu dagang, melainkan ilmu membangun hubungan antar manusia, meyakinkan orang lain, mengerti konsumen lebih dalam, membangun sistem bisnis dan pondasi yang kuat, memenangkan pasar, dan banyak hal lainnya yang juga membentuk seseorang menjadi pribadi dengan mentalitas yang lebih baik. Pembentukan karakter inilah yang diangkat dalam acara Start UP! Business Camp ini.

Lahir dari sebuah visi untuk menciptakan 5,000,000 entrepreneur bagi Indonesia, Synergy Entrepreneur Academy didirikan oleh 4 orang entrepreneur sekaligus mahasiswa Prasetiya Mulya School of Business and Economics berusia 19-21 tahun. Mereka memulai apa yang mereka sebut dengan “penyebaran virus entrepreneurship” dari memberikan seminar di beberapa SMA di Jakarta hingga Tangerang. Melihat minat yang begitu besar dari siswa-siswa sekolah untuk belajar menjadi seorang entrepreneur, timbul hasrat Synergy untuk memfasilitasi mereka.

Rangkaian acara Start UP! Business Camp dimulai pada tanggal 26 Desember 2013 dengan acara perkenalan hangat dan pembagian kamar. Hal yang unik dalam Business Camp ini adalah adanya  Personality test dalam pembentukan kelompok. Seluruh peserta kemudian dibagi menjadi 5 kelompok yang akan bersama-sama berlomba untuk menjadi kelompok terbaik pada acara Business Camp ini.

Selain menginginkan total hadiah 10 juta rupiah yang diberikan pada kelompok terbaik, mereka juga ingin membuktikan kemampuan dan semangat mereka. Terbukti dari kinerja kelompok selama acara Business Camp berlangsung, setiap anggota dalam kelompok bersifat saling melengkapi. Setiap kelompok didampingi oleh seorang Business Mentor yang tentunya akan dengan ramah membimbing mereka.

Start UP! Business Camp merangkum pelajaran berbisnis yang seharusnya rumit menjadi praktis dan menyenangkan. Diajarkan langsung oleh para pendiri yang merupakan entrepreneur muda, serta praktisi dan akademisi entrepreneurship seperti Ryan Lim (Great Eastern Singapore), Eko Suhartanto (Dosen Senior Prasetiya Mulya), dan Chrissanto Djuari (Pengusaha dan HR Trainer). Dilengkapi dengan group discussion, games-games yang penuh makna, acara Amazing Race, Barbeque, dan dream sharing membuat semua pembelajaran yang diterima dapat diresapi dengan baik.

Tanpa disangka, rangkaian acara ini ditutup dengan diundangnya para orang tua untuk menonton presentasi dari anak-anak mereka. Setiap kelompok melakukan presentasi akhir sepanjang 20 menit, menunjukkan ide-ide mereka didukung oleh semua ilmu yang telah mereka pelajari dalam camp. Terlihat dari sikap mereka melakukan presentasi, bagaimana Start UP! Business Camp berhasil mengubah mereka.

Untuk presentasi akhir ini diadakan penjurian oleh para Top Management perusahaan dan pengusaha, seperti Bpk. Putut (HK Realtindo), dan Dommy (Entrepreneur, ex-President of Prasetiya Mulya Student Board). Penjurian tersebut menghasilkan pemenang yaitu kelompok AR-chy, dimana mereka akan memperkenalkan AR (Augmented Reality) pada dunia. Mereka memiliki rencana membuat sebuah photo studio untuk anak balita dimana orang tua dapat melihat anaknya bermain dengan tokoh-tokoh fantasi seperti tokoh kartun dengan bantuan teknologi tersebut. Juara kedua jatuh kepada Checkpoint, cafe modern bertema Indonesian Herbal Drinks seperti jamu, wedang jahe, dan lainnya.

Biaya investasi empat setengah juta rupiah yang dibayarkan peserta untuk mengikuti acara Business Camp ini ternyata sangat memuaskan. Orang tua terlihat bangga dan anak-anaknya bahagia. Bpk. Putut juga memberi pujian yang luar biasa. Bahkan, sudah banyak calon pendaftar untuk acara Start UP! selanjutnya. Informasi lengkap mengenai Synergy Entrepreneur Academy dan Business Camp-nya dapat dilihat pada www.synergy-academy.com

 

Kontributor : Reginald Indarsin (Prasmulyan S1 Business angkatan 2011)

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »