Cerita Prasmul

Volunteer AIESEC PM Terobos Batasan-Batasan Pandemi

Bagi banyak orang, pergi ke luar negeri merupakan sebuah pengalaman berharga. Apalagi, jika dilakukan untuk sebuah kegiatan sukarela dengan tujuan sosial, sambil mengembangkan diri.

Di Prasmul, kamu tentu familier dengan youth organization yang memberikan kesempatan volunteering lintas negara itu, bukan? Yup, AIESEC PM alias AIESEC Prasetiya Mulya! Terkenal membawa para sukarelawan muda Indonesia ke berbagai penjuru dunia, bagaimana kabar AIESEC PM di tengah pandemi? Simak kisahnya!

Volunteering dan Pandemi

Kepengurusan AIESEC PM, sebelum pandemi Covid-19

Mulai berdiri sejak tahun 2011, AIESEC PM merupakan satu dari 24 cabang AIESEC di Indonesia yang aktif memberikan kesempatan exchange bagi sukarelawan muda berusia 18-30 tahun.

Banyak aksi sosial yang ditawarkan, dari program meningkatkan quality education, hingga animal rights awareness, dengan negara tujuan seperti India, Sri Lanka, Columbia, Slovakia, dan Romania. Kegiatan conference dan bonding juga diadakan hingga ke berbagai kota, lho, sebut saja Palembang dan Padang. 

Sayangnya, satu tahun belakangan, banyak kegiatan dari AIESEC terhambat karena pandemi Covid-19. Kegiatan sosial ke luar negeri yang banyak ditunggu-tunggu ini juga salah satunya. 

Tapi, jangan dikira AIESEC PM diam saja! Semangat untuk terus berdampak sosial dibagikan Ajeng Islaminingsih, Local Committee President untuk AIESEC PM dalam perjumpaan dengan Ceritaprasmul, “Kita nggak membatasi hanya dari volunteer, magang, atau exchange. Kita cari aktivitas apa lagi yang bisa mengembangkan leadership anak muda, untuk bisa mencapai peace dan fulfillment tersebut.”

Akhirnya, ranah virtual jadi solusi bagi kegiatan-kegiatan baru rancangan AIESEC PM, mulai dari workshop, seminar pengembangan diri, hingga program magang online!

1. Activate Camp

Jika biasanya camping identik dengan kegiatan berkemah di alam, ACTIVATE Camp menawarkan konsep berbeda. Merupakan camp leadership virtual bagi siswa-siswi SMA di seluruh Indonesia, para peserta dilatih untuk bekerjasama dalam tim, sambil memperoleh sesi webinar menarik dan talkshow interaktif, sebanyak 5 pertemuan di setiap akhir minggu. 

2. Virtual Internship

Pertukaran pelajar dan magang secara jarak jauh? Why not! Selama pandemi, AIESEC PM juga membuka kesempatan bagi mahasiswa luar negeri untuk melakukan magang virtual di Indonesia, serta bagi mahasiswa Indonesia yang ingin magang di luar negeri. Serunya, kegiatan ini terbuka untuk umum lho! Jadi kamu tetap bisa mendaftar walaupun bukan anggota organisasi AIESEC PM.

3. AIESEC Future Leaders

Bagi kamu para mahasiswa yang baru memulai masa perkuliahan, AIESEC Future Leader menyediakan sesi webinar hingga private coaching bersama pembicara berpengalaman. Dengan demikian, kamu dapat mengembangkan soft skill dan hard skill agar siap menghadapi dunia kuliah bahkan kerja nanti!

Kedepannya, organisasi yang menjadikan sesi mengisi booklet dan interview sebagai tahap seleksinya ini akan merencanakan kegiatan-kegiatan menarik lainnya untuk membantu pengembangan diri anak muda. Kegiatan webinar untuk mengembangkan awareness terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, serta learning and development space yang mempertemukan anggota AIESEC saat ini dengan para alumni adalah dua kegiatan masuk dalam to-do list.

Pantang Berhenti adalah Kunci

Memahami bahwa AIESEC PM tidak dapat berkegiatan secara offline untuk tahun-tahun ke depan, Ajeng dan anggota pengurus lainnya terus berusaha menyesuaikan diri. Bagi AIESEC PM, selama pantang untuk berhenti, akan selalu ada jalan untuk melanjutkan kegiatan pengembangan anak muda. Bagi Prasmulyan, serta mahasiswa lainnya yang merasakan efek pandemi, Ajeng berpesan,

“Pandemi ini memang membuat semua rencana berantakan. Tapi bila dilihat dari sisi lain, kita dapat menggunakan momen ini untuk beristirahat dan berefleksi sejenak, sebelum kemudian kita dapat mengambil langkah baru.”

Akan ada lebih banyak kegiatan-kegiatan menarik yang diselenggarakan AIESEC PM. Agar tak ketinggalan, ikuti terus update-nya melalui Instagram @aiesecpm!

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »