Cerita Prasmul

Tidak Perlu Takut Ikut Terjun Ke Dunia Investasi – Tips Financial Management Hyacinthya Kesuma

Investasi—satu kata, beragam pemahaman. Pada masa yang terus berkembang, literasi keuangan pun meningkat. Namun, masih banyak orang belum berani terjun ke dunia investasi yang sebenarnya sangat menyenangkan. Mau mengenal investasi lebih dalam? Yuk simak kisah Alumnus S1 Finance and Banking Prasetiya Mulya, Hyacynthia Kesuma!

Investasi: Jendela Lain untuk Melihat Dunia

Bagi perempuan yang kini menjadi investment analyst di Angel Investment Network Indonesia (ANGIN), memahami dunia investasi adalah hal yang memperkaya diri. Tidak hanya keuntungan secara material, tapi banyak juga benefit lain!

Cynthia diketahui aktif mengikuti berbagai kegiatan dalam bidang investasi sebagai pembicara dan narasumber.

Yang pertama, investasi menuntut kita untuk update berita nasional maupun global. Hal ini tentunya bisa membuatmu menjadi lebih cerdas, lho!

“Jadi ketika mulai investasi, kita terekspos dengan informasi berbagai sektor. Dulu aku asing banget sama dunia mining, palm oil, poultry. Mau nggak mau, jadi mempelajari nggak hanya perusahaannya, tapi the macroeconomy dan industrinya. Juga, value chain dan industry specific metrics-nya.”

Benefit kedua, dengan aktif di dunia investasi, kita juga bisa berjejaring dengan banyak orang. Kamu bisa bertemu founder-founder dan orang hebat lainnya, bukan?

Lapar Pengetahuan Sejak Tahun Pertama

Bali Democracy Student Conference (BDSC) 2019 mengundang Cynthia sebagai salah satu representatif dari Indonesia. (Sumber: Instagram @hyacynthiak)

Untuk menjadi seorang analis yang hebat tentunya memerlukan jam terbang yang tinggi. Selain mendapat pondasi ilmu keuangan melalui pelajaran di Universitas Prasetiya Mulya, Cynthia juga tak lelah belajar dari organisasi dan kegiatan lain.

Saat masih menjadi mahasiswa aktif, ia mengikuti beberapa kegiatan seperti Investment Club,  Investment Society, Indonesia Banking Competition, hingga Finference. Selain itu, ia kerap mengikuti magang seperti di Trimegah Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas, BRI Ventures. Pengalaman magang khususnya, menjadi salah satu bahan bakar perempuan Prasmulyan angkatan 2017 ini untuk lebih bersemangat mencoba langsung investasi.

Dan tentunya, ranah investasi yang sangat luas membuat kamu bisa memperluas fokus. Contohnya Cynthia sendiri, yang awalnya menekuni public company akhirnya beralih pada investasi start-up.

Start Now!

“It’s okay to start slow, it’s okay to start small but you have to start now.”

Untuk Prasmulyan yang ingin mulai investasi, yuk awali dengan membentuk kebiasaan yang baik dulu! Perempuan yang juga merupakan atlet anggar ini merangkum melalui tiga huruf: GAS KUY! Gain, Allocate first, Spend later. Artinya, ketika kamu mendapatkan uang, langsung alokasikan! Setelah itu, sisa uang baru bisa kamu pakai untuk bersenang-senang.

Sebagai Venture Capital Analyst di BRI Ventures, Cynthia bertanggung jawab dalam memberikan rekomendasi investasi dan memberikan assessment dengan melakukan analisis secara mendalam

Meski terlihat mudah, kebiasaan seperti ini membutuhkan konsistensi. Jikalau kamu sudah terbiasa dengan pola mengelola keuangaan yang baik, yuk coba masuk ke dunia investasi. Intip tips dari, 4 langkah yang Cynthia berikan!

  1. Tentukan tujuan: Tujuan dari melakukan investasi akan memengaruhi strategi investasi, lho! Jadi, tentukan dari awal apa goal yang ingin kamu capai.
  2. Kenali profile riskmu: Apakah kamu orang suka mengambil keputusan berisiko tinggi? Atau suka yang pasti-pasti saja? Kenali hal ini agar kamu tidak salah dalam memilih instrumen investasi!
  3. Pilih style: Apakah kamu ingin investasi jangka panjang? Atau lebih ingin trading? Identifikasi gaya investasi yang paling bisa membuatmu nyaman, ya!
  4. Praktik: Uji semua pengetahuanmu, lewati trials and errors agar kamu bisa menjadi lebih mahir!

“Anggap investasi itu seperti mencari soulmate, goals-nya apa, bibit-bebet-bobotnya gimana, nyaman nggak, bukan asal ikut kata orang lain, dan pastinya kita nggak akan ragu-ragu.”

Jadi, apakah kamu sudah tertarik dan siap untuk terjun ke dunia investasi?

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »