Cerita Prasmul

Intip Inovasi Prasmulyan S1 Product Design Engineering yang Menerobos Batasan Teknologi

Proyek dan praktik merupakah salah satu metode pembelajaran utama di Universitas Prasetiya Mulya, karena melalui learning by doing, mahasiswa dapat menguji kemampuan serta kreativitas mereka tanpa batasan. Hal ini tentu tetap nyata di masa online learning selama pandemi, tak terkecuali bagi Prasmulyan S1 Product Design & Engineering, yang bukti kerja keras mereka dipamerkan dalam ajang PDE Virtual Exhibition 2020

Diadakan secara online melalui website yang terbuka untuk umum, ajang ini mempertontonkan konsep produk dan prototipe dari mahasiswa angkatan 2018 dan 2019, yang telah menempuh mata kuliah berbasis project-based learning, yakni Creative and Design Thinking, Materials and Design, Design for Environment, Design for Social Innovation, serta Design Project 1. Menjunjung collaborative learning, beberapa proyek pun melibatkan kerja sama dengan Prasmulyan S1 Computer Systems Engineering.

Meskipun umur S1 PDE masih tergolong muda, kreasi Prasmulyan di pameran ini membuktikan bahwa dengan memadukan ide, kreativitas, serta hard-skills, mereka dapat menerobos batasan teknologi dan menciptakan inovasi yang bermanfaat. Yuk, intip beberapa karya mereka!

HE-ARE

I Ketut Danta (S1 Product Design Engineering 2019)

Headphone kedap suara ini dilengkapi dengan sensor yang akan mengaktifkan fitur alat pijat apabila denyut nadi dan detak jantung pengguna menurun. Dengan desain yang stylish, HE-ARE ditujukan kepada individu yang membutuhkan ketenangan dan fokus sembari bekerja.

NOOM Moodlamp

I Komang Candrika Kumara (S1 Product Design Engineering 2019)

Produk ini dapat diletakkan di meja kerja sebagai mood enhancer atau stress reliever. Dirancang dengan mekanisme switch yang playful, NOOM Moodlamp juga dilengkapi dengan celah untuk meletakkan tanaman hias untuk mempercantik ruangan.

PISTER

Wang Lusi (S1 Product Design Engineering 2019)

Terbuat dari bahan-bahan yang alami dan recyclable seperti bambu, coconut lining, cork form, dan aluminium, PISTER merupakan wahana transportasi yang juga berfungsi sebagai alat olahraga. Bisa digunakan sambil duduk maupun berdiri, produk ini dapat memperkuat dan mengencangkan seluruh tubuh.

Smart Watertap by Pawsie

Paulina (S1 Product Design Engineering 2018)

Samuel Tansie (S1 Computer Systems Engineering 2018)

Dengan tren tanaman hias yang kian marak, Prasmulyan menghadirkan prototipe produk sistem penyiraman yang canggih. Mendeteksi cuaca dan kelembapan tanah, alat ini secara otomatis mengalirkan air ke tanaman dengan tepat waktu dan efektif. 

HEATR 

Farel Julian Suryadi (S1 Product Design Engineering 2018)

Dexter Dharmawan (S1 Computer Systems Engineering 2018)

Bukan tempat makan biasa, HEATR merupakan smart lunch box yang mampu menghangatkan bekal makanan di dalamnya. Kemodernannya bukan hanya dari tampilan simpel dan elegan, tapi juga fitur yang terintegrasi dengan aplikasi smartphone, di mana pengguna dapat mengontrol tempat makannya. 


Masih banyak lagi konsep produk serta prototipe yang tidak kalah keren dan inovatif. Untungnya, PDE Virtual Exhibition 2020 masih dibuka hingga 11 Oktober mendatang. Ayo kunjungi sekarang dan eksplor kreasi Prasmulyan S1 Product Design Engineering!

Avatar

Sky Drupadi

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »