Cerita Prasmul

Lima Gundu : Event Organizer yang Melestarikan Permainan Tradisional Indonesia – Prasmulyan Business of The Week

engklek 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kalian masih inget ga permainan tradisional Indonesia yang kita mainkan waktu kecil dulu? Saat ini, sudah agak jarang ya ngeliat anak jaman sekarang memainkan permainan – permainan itu.. oleh karena itu, ceritaprasmul mau ngenalin kalian ke Lima Gundu ni, event organizer yang bakal bikin acara kamu makin seru dengan permainan tradisional..

So..apa si Lima Gundu itu?

Lima mahasiswa S1 Bisnis Universitas Prasetiya Mulya yang tergabung dengan nama Lima Gundu ini membentuk event organizer dengan konsep yang menarik, yaitu menyelenggarakan acara khusus dengan menyajikan permainan tradisional Indonesia interaktif yang bertujuan melestarikan permainan tradisional dan menjadi ruang bagi anak-anak untuk bermain dan melakukan aktivitas fisik . Mereka berharap dengan aktivitas ini mereka dapat memberikan edukasi mengenai manfaat bermain permainan tradisional dari segi tumbuh kembang anak dan acara yang mereka buat dapat menjadi ajang sosialisasi untuk anak-anak yang terlibat di dalamnya.

gtasing 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gimana si awalnya mereka membentuk Lima Gundu ini?

Berikut wawancara www.ceritaprasmul.com dengan salah satu pendiri Lima Gundu, Nabila Aulia Indaprasti :

“Awal cerita dibangun Lima Gundu ini untuk business project. Pas hatching kami menggagas untuk bikin baju anak dengan tema permainan tradisional yang bertujuan sebagai media pengenalan permainan tradisional kepada anak di DKI Jakarta. Lalu, kami melakukan riset kualitatif kepada target market kami mengatakan pengenalan budaya/permainan tradisional yang tepat melalui kegiatan praktik. Akhirnya tercetus nama Lima Gundu, dimana Lima karena didirikan oleh lima orang dan Gundu merupakan salah satu permainan tradisional. Lima  Gundu ingin menyediakan sarana kegiatan bermain dan belajar permainan tradisional bagi anak-anak di DKI Jakarta.”

gobaksodor 1

Siapa saja sih pendiri Lima Gundu ini?

” Pendiri Lima Gundu ada lima, dan semuanya adalah mahasiswa S1 Bisnis Universitas Prasetiya Mulya, yaitu : Anindita hanadhyas, Bagas rizqi gumelar, Difa annisa aressa, Kanzi abi karami, dan Nabila Aulia Indaprasti”

Acara apa saja yang sudah diselenggarakan oleh Lima Gundu? Apakah ada yang termasuk dalam event skala besar?

“Sejauh ini kami mengadakan 7x acara. Dimana 2x acara untuk umum dan 5x acara privat. Salah satu acara umum yang kami selenggarakan adalah grand launching yg diadakan di museum nasional dengan judul ‘Festival Ayo Main! Permainan Tradisional’ di Museum Nasional, Jakarta, yang berlangsung Sabtu (28/5) hingga Minggu (29/5). Bentuk acaranya sendiri seperti workshop dengan setiap acara terdapat 3 (tiga) permainan tradisional, dimana peserta akan mendapatkan penjelasan terlebih dahulu mengenai permainan tersebut, filosofi, serta manfaatnya. Setelah itu, peserta dapat mempraktikkan langsung permainan tradisional. ”

Dalam acara tersebut, Lima Gundu juga bekerja sama dengan Gudang Dolanan Indonesia untuk menghadirkan 272 mainan tradisional dari berbagai daerah. Terdapat pula permainan yang bisa dimainkan pengunjung secara langsung yaitu galasin, gundu, boy-boyan, gasing, engklek, dan congklak.

lima gundu exhibition

Oiya acara yang berlangsung di Museum Nasional ini juga sempat masuk ke dalam web Republika loh : http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/16/05/30/o7yyho384-lima-gundu-bumikan-kembali-permainan-tradisional

games lima gunduKemana nih kalo customer ingin menghubungi Lima Gundu?

Kami dapat dihubungi via :

email : limagundu@gmail.com

maupun by phone: 08111923994 (Kanzi)

dan dapat juga dilihat via instagram : Limagundu

 

Ok,last but not least nih, apakah masih ada target buat Lima Gundu ke depan?

Targetnya kami ingin memiliki tempat tetap dan mengadakan acara rutin.

Oke deh, kami doakan target Lima Gundu bisa segera terwujud dan bisnisnya semakin dikenal dan maju yaa ..!Sukses terus untuk Lima Gundu!

 

 

 

 

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »