Cerita Prasmul

Belajar Event Planning di Saung Angklung Udjo

S1 Event Prasetiya Mulya mengadakan field trip ke Saung Angklung Udjo (SAU) Bandung pada tanggal 1 Oktober 2015. Sebagai bagian dari mata kuliah Event Planning, kegiatan ini melibatkan seluruh mahasiswa semester satu  S1 Event dengan pendampingan dari dosen dan staff jurusan S1 Event.

DSC04588

Para mahasiswa S1 Event mengikuti field trip dengan antusias. Mereka diberikan informasi detil mengenai SAU, kemudian diajak menonton pertunjukan wayang, tari dan musik angklung tradisional. Yang menarik, mahasiwa juga ikut menari dan memainkan angklung. Setelah itu, mereka diberikan kesempatan untuk melihat secara langsung pembuatan angklung serta kegiatan di backstage yang menjelaskan  bagaimana SAU mempersiapkan sebuah pertunjukan.

DSC04420

S1 Event melihat bahwa banyak event yang mengambil tema kebudayaan tradisional Indonesia. Mahasiswa dapat mengambil contoh sederhana sebuah perencanaan sebuah pertunjukkan cultural event yang berawal dari kegiatan seni dan misi budaya. SAU dapat menjadi contoh di mana event bukan diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan sekali dan hilang begitu saja, tetapi dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan, berkembang dan terus menguatkan brand.

Saung Angklung Udjo di kawasan Bandung Timur awalnya merupakan sanggar kesenian, didirikan oleh Udjo Ngalagena beserta istri. Mereka mendedikasikan sanggar ini untuk pelestarian kebudayaan dan kesenian Sunda. Suasana dan atmosfer dibuat begitu tradisional dengan dekorasi interior dan eksterior bambu, suara alat musik bambu, dan pakaian tradisional yang dikenakan staf SAU. Sehingga secara terpadu, pengunjung dapat melihat keharmonisan antara alam dan budaya di dalamnya.

DSC04602

Sejak tahun 1966, SAU beridiri dan terus berkembang dan saat ini menjadi destinasi wisata budaya  yang diminati masyarakat, bukan hanya lokal tetapi juga internasional. Di sini pengunjung dapat melihat pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan workshop pembuatan angklung. SAU juga hadir memberikan kontribusi khusus kepada masyarakat sekitar dengan memberikan pendidikan dan pelatihan mengenai kebudayaan Sunda, khususnya alat musik angklung.

DSC04606

Melalui Saung Angklung Udjo, program S1 Event berharap mahasiswa  bisa belajar secara langsung bagaimana sebuah event berjalan dari mulai proses pre, production dan post production. Selain itu, mahasiswa juga belajar menganalisa apa yang menjadi keunggulan dan kekurangan sebuah event.

Add comment

Translate:

About Us

About Us

Our Main Website

Our Main Website
Translate »