Cerita Prasmul
All Aboard! Arti Menjadi Voyagers di Prasmul Gear Up 2022

All Aboard! Arti Menjadi Voyagers di Prasmul Gear Up 2022

Seperti pepatah “Life must go on”, demikian juga kehidupan perkuliahan online dan juga offline! Setelah beberapa kali mengadakan Prasmul Gear Up secara daring, PGU 2022 mengadakan rangkaian acara hybrid untuk menyambut Voyagers pada 9, 10, 11, 15, 16, dan 18 Agustus 2022.

Suasana di awal orientasi kepada para Voyagers pada 9 Agustus 2022

Ucapkan ‘bon voyage’ pada Prasmulyan angkatan 2022, karena mereka sudah memulai perjalanan tahun ini dari ajang Prasmul Gear Up. “Navigate Your Path” dipilih sebagai konsep yang menggambarkan perjalanan mahasiswa baru sebagai sebuah pelayaran. Dimulai dari pelabuhan satu menuju pelabuhan lain, di tengah laut pastilah akan ada badai yang menerpa. Itulah mengapa, tajuk “No Rainbow Without Rain” juga menjadi hal yang kerap diusung dan juga jadi pengingat untuk Prasmulyan agar tetap berjuang meski menjumpai kesulitan di PGU, atau di masa perkuliahan nanti.

Seperti biasa, setiap tahun Prasmul menyambut mahasiswa baru dan membekali mereka dengan nilai Prasmulyan, CHAIN (Caring, Humility, Achieving, Integrity, and Non-Discrimination) dan pendidikan karakter LEAMICA (Leadership, Entrepreneurship, Analytical Thinking, Maturity, Interpersonal Relationship, Communication, and Achievement), di program orientasi. 

Tidak lupa, Prasetiya Mulya mengedepankan kesehatan dengan mewajibkan Voyagers untuk scan Peduli Lindungi

Namun, yang membuat PGU 2022 berbeda dengan yang lalu, implementasi nilai-nilai tersebut kini mulai dapat disampaikan secara tatap muka. Per harinya, Prasmulyan menyelami sebagian nilai dan belajar dari berbagai macam contoh pengalaman orang lain–alumni, public figures, pebisnis berpengalaman, dan juga faculty member– ataupun secara langsung di lapangan melalui aktivitas dan workshop.

Aksi & Eksekusi Para Voyagers

“Perjalanan” selama orientasi ini, ternyata tidak hanya sekadar perjalanan atau formalitas saja. Hendak mengimersikan semua mahasiswa baru terhadap seluruh aspek perkuliahan di Prasmul, Prasmul Gear Up tentu saja menyiapkan beberapa rangkaian acara yang bisa disebut sebagai “pemanasan” sebelum masuk ke dunia perkuliahan sesungguhnya, seperti:

Scavenger Hunt, yang melatih voyagers untuk bekerja sama dan mengambil keputusan di bawah tekanan.

Aptitude Performance Assessment (APA) Race yang melatih skill komunikasi, kerja kelompok, membuat keputusan, dan memecahkan masalah dalam bentuk lomba antargrup.

Hackathon menjadi wadah untuk berkreasi dan berinovasi ide bisnis. Pada tahapan awal, semua grup akan pitching – grup yang terpilih akan maju ke babak berikutnya dan nantinya akan dipilih satu pemenang.

Equipping Session, atau sesi sharing bersama nama-nama besar terkait nilai CHAIN dan karakter LEAMICA. Dengan contoh konkrit dari orang-orang inspiratif, Voyagers pasti akan lebih merasa termotivasi sekaligus merasa relate dan mampu mengaplikasikannya di kehidupan mereka nanti.

Say Ahoy to These Envoys

Nah, bukan orientasi namanya kalau tidak ada yang membimbing, dan tugas ini tentunya juga bukan hanya tugas kakak-kakak Lodestar dan Facilitator. Ada juga tamu-tamu spesial yang memberikan insight seputar membangun brand, mempertahankan bisnis, dan juga kehidupan sehari-hari sebagai Prasmulyan beserta nilai-nilai yang mereka panen ketika ditanamkan langsung ketika berkarier.

“Achieving something is good, but we have to be careful with what we are going to achieve.” – Greysia Polii

“Nobody can ever know your true potential unless you try it.” – Christian Sugiono

Semoga enam hari terakhir di PGU betul-betul menjadi bekal bagimu, Voyagers. Welcome aboard to Prasetiya Mulya,  and we wish you a pleasant journey!

Add comment

Translate »