Menghidupkan Semangat Penderita Kanker dan Hemofilia dalam Proyek Sosial AMIGO | Community Development 1

oleh Wenvint (Mahasiswa S1 Business 2016)

Dalam rangka melaksanakan kegiatan Community Development 1, dua tim mentoring yang dibimbing oleh Bapak Iwan Kahfi selaku Faculty Member (Red-dosen) mata kuliah Personal Development, berhasil melaksanakan kegiatan social event yang bertema “AMIGO: Menggapai Impian Melalui Kebersamaan” pada Kamis (18/5) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang.

Comdev 1 adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa Prasmul untuk  melatih kepekaan, kepedulian dan empati mahasiswa pada komunitas sekitar tertentu yang membutuhkan. Mahasiswa harus berkontribusi menyelenggarakan proyek sosial minimal 20 jam kerja  dan memberikan dampak terbaik bagi tempat yang dituju.

Social Event yang dinamakan AMIGO ini berasal dari bahasa Spanyol yang berarti persahabatan dan memiliki singkatan serta makna tersendiri, yaitu:

A melambangkan Accomplishment yang berarti pencapaian. Dengan adanya accomplishment, peserta diharapkan dapat mencapai sesuatu yang lebih kedepannya.

M melambangkan Motivation yang berarti motivasi. Dengan adanya motivation, kehadiran acara ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi adik-adik penderita kanker dan hemofilia untuk berani melawan penyakitnya dan tetap semangat mencapai cita-cita yang ingin dicapai.

I melambangkan Inspiration yang berarti inspirasi. Dengan adanya inspiration, mereka diharapkan dapat terinspirasi dari kakak-kakak pembimbing dan juga dapat menjadi inspirasi bagi orang lain kedepannya.

G melambangkan Greatness yang berarti melakukan hal yang sangat besar. Dengan adanya greatness, mereka diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan mereka masing-masing dalam melakukan hal yang baik bagi teman, orang tua, maupun Indonesia.

O dari AMIGO melambangkan optimism yang berarti optimis atau percaya diri. Dengan adanya optimism, mereka diharapkan dapat menjadi lebih optimis dan dapat meningkatkan kepercayaan diri masing-masing untuk mencapai sesuatu yang diinginkan

Dua tim mentoring tersebut terdiri dari 11 mahasiswa yaitu Agnes Halim, Albert Theofilus Wijaya, Eva Gianina Kristiawan, Ezra Erlangga, Jessica Giovanni, Kevin, Kristopher Kenji, Meliana, Michael Leonardi Jusman, Muhammad Zachary Attaqi, dan Wenvint.

Rumah Singgah Amaryllis Kirana dipilih sebagai destinasi pelaksanaan proyek sosial oleh dua tim mentoring asuhan Pak Iwan Kahfi. Rumah singgah tersebut merupakan  sebuah komunitas yang didirikan untuk membantu anak-anak penderita kanker dan hemofilia yang berada di daerah Banten.

Adik-adik RSA bersama salah satu panitia
Antusiasme dan keceriaan para peserta social project AMIGO
Diberikan name tag sebagai tanda pengenal

Dalam kegiatan ini, terkumpul sekitar 40 anak dengan usia 4 hingga 12 tahun, dimana mereka semua adalah para pejuang kanker dan hemofilia yang sangat tangguh. Untuk membawa keceriaan di benak adik-adik di Rumah Singgah Amarylis, Comdev 1 AMIGO dibuat semenarik mungkin dengan serangkaian kegiatan edukatif dan inspiratif.

Menghidupkan mimpi adik-adik penderita kanker dan hemofilia di pohon impian
Para peserta acara Comdev 1 AMIGO semangat menggambar citanya

 

 

 

 

 

 

 

Meningkatkan rasa percaya diri para peserta dengan quiz interaktif

Acara tersebut dimulai dengan pengenalan arti AMIGO melalui sebuah video singkat dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bapak Iwan Kahfi, MBA.,  selaku Faculty Member dan Mentor Community Development 1. Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari perwakilan RSUD Kabupaten Tangerang yaitu drg. Heliani dan  Dr. Ratna Handayani, SPA selaku perwakilan Rumah Singgah Amaryllis. “Saat ini, kami tidak membutuhkan sebuah wacana saja, namun kami juga memerlukan sebuah real work. Mahasiswa Prasetiya Mulya hari ini berhasil menunjukkan bahwa real work tersebut dapat dilaksanakan sebagai bukti nyata dari sebuah pelaksanaan proyek sosial, dan kami sangat mengapresiasinya,” papar drg. Heliani.

drg. Heliani selaku perwakilan dari RSUD Kabutapten Tangerang 

Acara kemudian dilanjutkan dengan games edukatif yaitu bermain origami, quiz, menonton beberapa video motivasi, bernyanyi, menggambar, serta menempelkan gambar tersebut pada sebuah “pohon impian”  dan ditutup dengan doa bersama. Acara pun diselesaikan dengan pemberian hadiah dari masing-masing kakak pembimbing terhadap anak-anak serta pengumuman kelompok terbaik yang mendapatkan hadiah tambahan.

Sumber foto: Publikasi AMIGO

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *