Lebih dari 80 Bisnis Kreatif Prasmulyan Bersaing di Creatifest 2017, Ini Dia Para Pemenangnya!

Ibarat sebuah taman hiburan, Creatifest 2017 bertema Carnavale berhasil menjadi tempat bermain yang menyenangkan bagi seluruh pengunjung. Selama 15 Juli hingga 16 Juli 2017 kemarin, mahasiswa Prasmul menyulap The Forum – Lippo Mall Puri Jakarta dengan nuansa karnival yang dipenuhi  ‘wahana’ rekreasi menarik. Anak-anak dihibur dengan inovasi mainan edukatif nan kreatif hasil pengembangan bisnis mahasiswa S1 Business semester II, sementara para orang tua bisa asyik berbelanja produk bisnis mahasiswa S1 Business semester IV seperti  makanan, aksesoris, produk kecantikan, hingga apparel.

Selain menjadi wahana bermain bagi pengunjung, @Creatifestid juga menjadi sarana bagi mahasiswa S1 Business Prasmul dalam menampilkan produk bisnis hasil pembelajaran mata kuliah Analytical & Creative Thinking (ACT) di semester II dan Business Development (Busdev) pada semester IV. Kebayang dong serunya experience yang didapat Prasmulyan, mulai dari  terjun langsung mengenal potential market bisnisnya hingga berinteraksi langsung dengan konsumennya!.

Mata kuliah ACT menyuguhkan 56 purwarupa mainan edukatif yang terbagi dalam 5 kategori yaitu art & adventure, construction, role play, strategy dan trivia. Sementara mata kuliah Busdev semester IV menampilkan 26 bisnis  dalam jenis apparels & accessories, beauty & health, creative dan f&b. Ini dia beberapa produknya:

ACT Kategori Art & Adventure

Treasure of Emotions adalah games untuk melatih kemampuan emotional intelligence anak usia 4-6 tahun. Games ini membantu anak mengenal dan mengelola emosi dalam dirinya.  Treasure of Emotions terdiri dari datu kotak dengan 6 permainan yaitu 1 activity book dan 5 alat peraga.

 

 

 

 

 

 

 

Nah, kalau games James Bones ini membantu mengasah daya ingat dan ketelitian anak-anak. Pemain diberi misi untuk mengambil tulang milik James The Dog yang sedang terlelap.  Pemain harus mengingat pola yang diberikan James dan menebaknya dengan benar. Jika salah, siap-siap menerima gonggongan James yang cukup membuat kaget!

 

 

 

 

 

 

Bagi anak-anak yang ingin belajar  menanam bunga, mainan Plantsy sangat cocok dimiliki. Digital plant simulator ini dilengkapi dengan sensor yang membuat anak-anak dapat terjun langsung melakukan proses penanaman bibit hingga berbunga. Layaknya bunga asli, Plantsy harus disiram bahkan dijemur lho!.

 

 

 

 

 

 

ACT Kategori Construction

Brix It adalah mainan balok terbuat dari kayu dan magnet yang dapat digabung untuk membangun berbagai bentuk bangunan sesuai kreativitas. Brix It ini diproduksi dengan desain dan bentuk yang beramacam-macam.

 

Blave adalah puzzle 3D yang juga berfungsi sebagai celengan.

 

 

 

 

 

 

ACT Kategori Roleplay

Carita merupakan mainan yang bertujuan untuk mendukung anak terlibat aktif dalam mengasah imajinasi dan kemampuan bercerita anak, serta menambah komunikasi antar teman. Medai yang digunakan dalam mainan ini berupa story card beragam latar dan donut card (object card).

 

 

 

 

 

 

Mr. & Mrs. Ou adalah permainan interaktif yang melatih kreativitas anak, kemampuan berhitung dan interaksi sosial anak berusia 4-7 tahun. Mainan ini terdiri dari telur dan peralatan yang dapat diwarnai serta buku cerita interaktif.

 

 

 

 

 

 

ACT Kategori Strategy

Games Le Grande ini diadaptasi dari permainan monopoli. Menariknya, games ini dirancang khusus bagi teman-teman berkebutuhan khusus (tunanetra) sehingga memungkinkan semua kalangan dapat bermain permainan ini.

 

 

 

 

 

 

Ershisi adalah permainan anak usia 10-12 berbasis kartu dimana permainan ini sangat mengedepankan kemampuan anak dalam berhitung dan berpikir kritis pada usia dini. Ershisi juga mengajarkan untuk memahami dan menerima sudut pandang serta pendapat orang lain.

 

 

 

 

 

 

 

Mardijker adalah sebuah permainan anak yang mengkombinasikan konsep board game dan card game. Mardijker merupakan permainan yang bertemakan sejarah Indonesia.

 

 

 

 

 

 

ACT Kategori Trivia

Trivia juga menjadi kategori dalam mainan yang dikembangkan mahasiswa semester II. Diantara permainannya, ada The Chain dan Wisp. The Chain adalah sebuah card game yang dibuat berdasarkan konsep rantai makanan. Sementara Wisp adalah permainan menghafal dan menebak yang melibatkan beberapa gerakan unik tertentu.

 

 

 

 

 

 

 

Business Development

Startup bisnis yang ada di mata kuliah Business Development merupakan pengembangan dari bisnis yang sudah dibangun mahasiswa pada mata kuliah Business Creation semester III. Di semester IV ini, mahasiswa ditantang untuk mengembangkan bisnisnya dalam segala aspek, diantarantya  melakukan diferensiasi  produk, pengembangan strategi marketing dan sebagainya.

Clar Jewelry adalah perhiasan sterling silver yang dapat di modifikasi sesuai keinginan
Bosan dengan eskrim dengan rasa yang biasa? Coba Frostbite deh! Mulai dari eskrim rasa cendol, doger hingga biskuit regal
Tvorive adalah Tas wanita yang bisa sesuaikan dengan beragam bentuk (back pack, sling bag, clutch)
Karafuru: Sepatu dengan teknik Natural Dyed menggunakan tumbuhan Indigo
Golden Nude adalah blush on tanpa brush. This little one is The 1st make-up paper in Indonesia!
Ini dia inovasi dasi masa kini, Gentle Homme merupakan dasi dengan bahan

Berikut list pemenang dalam Creatifest 2017:

  1. The Best Employee : Jemy Wijaya (dari Graft)
  2. The Best CEO (Chief Executive Officer): Florens Juanita (dari Dein Golf)
  3. The Best CHRO (Chief Human Resources Officer): Joshua Christian ( dari Fuko)
  4. The Best CMO (Chief Marketing Officer): Gwyneth Evelyn (dari Golden Nude)
  5. The Best COO (Chief Operating Officer): Yuvens Spark (dari Novus)
  6. The Best CFO (Chief Financial Officer): Stella Cindy (dari Golden Nude)

ACT

  1. Kategori Art & Adventure: Plantsy
  2. Kategori Roleplay: Carita
  3. Kategori Construction: Brix It
  4. Kategori Trivia: Ershisi
  5. Kategori Strategy I: Le Grande
  6. Kategori Strategi II: Mardijker

 Bussines Development

  1. Kategori Beauty & Care: Golden Nude
  2. Kategori Fashion: Karafuru
  3. Kategori Food & Beverage: Frostbite
  4. Kategori Creative I: Fluffy Kin
  5. Kategori Creative II: Gentlehomme
  6. Kategori Creative III: Emeryss

Selamat kepada pemenang! Keep up the good work & see you at Creatifest 2018. (*vio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *